Langsung ke konten utama

Tugas 1

1. Cari pengertian dan berikut contoh contohnya sistem operasi dan sistem operasi jaringan.
2. Apa perbedaan antara SO dan SOJ, jelaskan...

JAWABAN
1)
A.ISTEM OPERASI
 (bahasa Inggris: operating system) adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.
Macam-Macam Sistem Operasi dan Contohnya
a. DOS adalah singkatan dari Disk Operating System, ada beberapa versi dari sistem dos yaitu MS- Dos yang dibuat oleh Microsoft, PC DOS buatan dari IBM dan DR- DOS buatan Digital Research.
b. OS/2 adalah sistem operasi yang dibuat oleh IBM, yang awal mulanya hanya ditujukan untuk pemakaian komputer sendi namun kini telah disebarkan.
c. Sunsoft adalah sistem operasi yang dibaut oleh Sun Microsystem Inc. Sistem yang merupakan versi interaktif UNIX
d. Sistem 6.x/7.x
Sistem Operasi yang dijalankan untuk Macintosh metode dengan menggunakan mode GUI atau Graphical User Interface
e. Windows NT
Sistem yang dikembangkan oleh windows.
f. NextSTEF
NextSTEF adalah sistem operasi yang ditujukan kepada komputer neTX karena kecanggihannya
g. UNIX merupakan sistem operasi yang kini banyak digunakan komputer mini atau mainframe.
h. Sistem Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang umumnya disebut dengan Mac atau Macintosh.
i. Microsoft Windows yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012)).

http://www.artikelsiana.com/2015/11/pengertian-sistem-operasi-fungsi-macam.html?m=1
Pengertian Sistem Operasi Jaringan


B . Sistem operasi jaringan atau Network Operating System adalah sebuah sistem operasi untuk mengkoordinasikan kegiatan dari beberapa komputer dalam sebuah jaringan. Secara umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya.

Fungsi Sistem Operasi Jaringan

• Menghubungkan sejumlah komputer dan perangkat lainnya ke sebuah jaringan.

• Mengelola sumber daya jaringan.

• Menyediakan layanan

• Menyediakan keamanan jaringan bagi multiple users.

Macam – Macam Sistem Operasi Jaringan

1. Banyan VINES

Banyan VINES (Virtual Integrated Network Service) adalah sebuah sistem operasi jaringan populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an yang banyak digunakan dalam jaringan-jaringan korporat. Vines pada awalnya dibuat berdasarkan protokol jaringan yang diturunkan dari Xerox Network System (XNS). VINES sendiri menggunakan arsitektur jaringan terdistribusi klien atau server yang mengizinkan klien-klien agar dapat mengakses sumber daya di dalam server melalui jaringan.

2. Novell Netware

Novell Netware adalah sebuah sistem operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC atau nkompatibelnya. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell, dan dibuat oleh Novell Inc. berbasis tumpukan protokol jaringan Xerox XNS. Novell Netware dahulu digunakan sebagai LAN-based network operating system. Banyak digunakan pada awal sampai pertengahan tahun 1990-an.

3. Microsoft LAN Manager

LAN Manager adalah sebuah sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation bersama dengan 3Com Corporation. LAN Manager didesain sebagai penerus perangkat lunak server jaringan 3+Share yang berjalan di atas sistem operasi MS-DOS.

4.Microsoft Windows NT Server

Microsoft Windows NT Server menggunakan non-dedicated server sehingga memungkinkan untuk bekerja pada komputer serevser, protocol jaringan menggunakan TCP/IP dan Windows NT merupakan sebuah sistem operasi 32-bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista.

5. Windows 98, Windows 2000 Profesional, Windows XP Profesional, dan Windows NT Workstation

Seluruh windows yang ada di atas tidak digunakan oleh server, tetapi dapat digunakan untuk menyediakan sumber daya untuk jaringan (work station), seperti dapat mengakses file dan menggunakan printer.

6. GNU/LINUX

GNU/LINUX adalah turunan dari Unix yang merupakan freeware dan powerfull operating system,memiliki implementasi lengkap dari arsitektur TCP/IP. Beberapa varian UNIX, seperti SCO OpenServer, Novell UnixWare, atau Solaris adalah turunan dari Unix yang merupakan freeware dan powerfull operating system,memiliki implementasi lengkap dari arsitektur TCP/IP.

7. UNIX

UNIX dapat menangani pemrosesan yang besar sekaligus menyediakan layanan internet seperti web server, FTP server, terminal emulation (telnet), akses database, dan Network File System (NFS) yang mengijinkan client dengan sistem operasi yang berbeda untuk mengakses file yang di simpan di komputer yang menggunakan sistem operasi UNIX.

http://blog.unnes.ac.id/setyani/2016/02/01/pengertian-beserta-macam-macam-sistem-operasi-jaringan/

2) perbedaan SO dan SOJ

*Dari segi pengertiannya
Sistem Operasi adalah sebagai dasar agar dapat menjalankan aplikasi-aplikasi atau seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.
Sistem Operasi Jaringan adalah suatu sistem operasi yang mempunyai fungsi-fungsi jaringan.

*Dari segi fungsi nya
Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara perangkat keras dengan aplikasi-aplikasi atau perangkat lunak.
Sistem Operasi Jaringan berfungsi sebagai penghubung sejumlah komputer dan perangkat lainnya ke sebuah jaringan.

*Dari segi Jenis-jenis nya
Jenis-jenis Sistem Operasi : SO Real Time, SO Multiuser, SO Multitasking, SO Terdistribusi.
Jenis-jenis Sistem Operasi Jaringan : SOJ Peer to Peer dsn SOJ Client-Server.

*Dari segi pengoperasiaannya
Sistem Operasi dapat beroperasi atau bekerja pada satu perangkat komputer saja atau PC (stand alone).
Sistem Operasi Jaringan dapat bekerja atau beroperasi minimal melibatkan 2 perangkat komputer.

https://irenzt.wordpress.com/2013/04/11/perbedaan-antara-sistem-operasi-dengan-sistem-operasi-jaringan/amp/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL BAGIAN-BAGIAN LAPTOP DAN FUNGSINYA

1. power ac/dc adapter power ac/dc adapter yaitu sebuah perangkat pada laptop yang berfungsi menurunkan daya,mengubah arus listrik  ac  menjadi  dc . fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk  melakukan charging (pengisian) terhadap baterai laptop. Fungsinya sama dengan adapter pada  hp    2. baterai laptop baterai laptop adalah perangkat yang berfungsi menampung daya listrik untuk kemudian digunakan oleh laptop saat laptop tidak terhubung ke steker listrik.fungsinya sama dengan baterai pada  hp. 3.moterboard laptop moterboard atau induk papan adalah sebuah papan circuit utama yang terdapat pada sebuah laptop. pada  pc desktop  juga terdapat moterboard  yang berfungsi untuk menamkan hardware-hardware  perbedaanya adalah moterboard laptop didesain secara spesifik sesuai dengan merk dan model masing-masing laptop. jadi, sebuah moterboard dari laptop merk yang satu tidak akan bisa ke laptop yang lain.           4.CMOS Baterai.     Baterai Cmos  atau disebut juga  Rtc  baterai a

Jenis-Jenis Konektor

Artikel ini dibuat untuk mengetahui berbagai jenis konektor yang berbeda-beda karakteristiknya. Setiap konektor mempunyai karakteristik tersendiri dan penggunaannya pun berbeda-beda tergantung bagaimana karakteristik sinyal dan kondisi lingkungan. 1. Pendahuluan Pada dokumen ini akan dijelaskna tentang macam-macam soket beserta penggunaannya. Setiap soket pasti mempunyai karakteristik tersendiri dan setiap soket digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda. Pengguna harus tahu macam-macam perbedaannya dan harus bisa memilih jenis soket yang tepat untuk keperluan tertentu. 2. Daftar Istilah Berikut merupakan beberapa daftar istilah yang berhubungan dengan soket (termasuk istilah soket sendiri). 2.1. Male Terminal Male terminal adalah pin yang berbentuk seperti tusuk. Male biasanya terbuat dari logam dan mempunyai rumah sendiri yang disebut dengan housing. 2.2. Female Terminal Female terminal adalah pin yang terbuat dari logam dengan lubang di bagian tengahnya

Mengenal HUB, switch, RJ 45, RJ 11, Kabel Coaxial, UTP, STP, Fiber Optic, NIC, BNC

1. HUB adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) pada model OSI. Hub digunakan sebagai transmisi pengambilan data dari komputer client.                 2. Switch                    merupakan perangkat jaringan yang berfungsi menghubungkan Hub untuk membentuk jaringan yang lebih besar atau menghubungkan komputer - komputer yang membutuhkan bandwith yang besar.                                  Switch merupakan perangkat keras jaringan yang hampir sama dengan Hub, bedanya switch sedikit lebih pintar walaupun dengan harga sama atau sedikit lebih mahal. Switch bekerja dengan cara menerima paket data pada suatu port lalu melihat alamat MAC tujuan dan membagun sebuah koneksi logika dengan port yang terhubung dengan node/perangkat tujuan, sehingga port - port selain port yang dituju tidak akan me