1. pengertian blender
Blender 3D itu adalah
Perangkat Lunak/Software untuk Grafik 3 Dimensi yang free atau tidak berbayar
dan popular dikalangan designer computer untuk digunakan membuat Animasi 3D.
Serta pada aplikasi Blneder 3D ini tersedia Teture dan Materialuntuk
memberi corak yang dibuat pada object.
Blender
merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat
di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk
dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU
General Public License).Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi,,,seperti:
MicrosoftWindows
MacOSX
Linux
IRIX
Solaris
NetBSD
FreeBSD
OpenBSD.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL (GNU General Public License) dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
MicrosoftWindows
MacOSX
Linux
IRIX
Solaris
NetBSD
FreeBSD
OpenBSD.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL (GNU General Public License) dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
2.
Cara menginstal Blender
1.Langkah yang pertama Pastinya sobat harus mempunyai dulu
installer aplikasi blender-nya. Untuk download Blender 3D bisa lihat link
dibawah. Setelah itu sobat install installer blender-nya, untuk langkah-langkah
instalnya bisa lihat dibawah :
2. Tunggu
beberapa saat, karna proses penginstalan sedang berlangsung.
3. Setelah
proses instalan selesai sobat klik finish.
Jika
sobat mencentang “Run Blender 2.67b” – klik finish, maka sobat akan
langsung menjalankan blender tersebut. Jika tidak, maka sobat bisa mengkliknya
iconnya di desktop seperti :
Maka akan menampilkan tampilan
awal pada saat masuk blender seperti ini :
Sekiranya
itu saja, Tutorial Cara Install Aplikasi Blender 3d. tunggu
pembahasan selanjutnya ya tentang Membuat Meja Menggunakan Aplikasi
Blender 3d…untuk tutorialnya dan aplikasi Blendernya bisa sobat download di
bawah, dan apabila ada yang kurang jelas sobat bisa bertanya melalui kotak
komentar dibawah atau Contact Form pada Header Blog ini.
3.
Sejarah singkat blender
Bermula Pada tahun 1988-an Ton Roosendaal
mendanai sebuah perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan
NeoGeo. NeoGeo yang sangat berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi
terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton
Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab
atas pengembangan software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati lebih dalam ternyata Blender ini memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya cita-cita nya NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Di tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu dan zaman begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah terus mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender terus berlanjut hingga saat ini.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati lebih dalam ternyata Blender ini memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya cita-cita nya NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Di tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu dan zaman begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah terus mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender terus berlanjut hingga saat ini.
Komentar
Posting Komentar